Pasar Murah Senjata Ampuh Atasi Inflasi

Kadisperindagkop M. Taufik OH diwawancarai usai melakukan peninjauan ketersediaan bahan pokok di PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Senin (1/4/2024).

OKETIME - PEKANBARU - Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto meminta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Riau agar terus melakukan pasar murah hingga lebaran. Hal itu bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dan mengatasi inflasi.

"Pasar murah merupakan senjata ampuh untuk membantu masyarakat sekaligus mengatasi inflasi di Bumi Lancang Kuning," kata SF Hariyanto di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (1/4/2024).

"Kita minta tolong ini dilakukan dan dijaga sampai mendekati hari lebaran," tambahnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Pj Gubernur Riau, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Riau, M. Taufiq OH mengatakan bahwa menjelang lebaran pihaknya akan melaksanakan pasar murah beberapa kali lagi.

"Pemprov Riau akan melakukan 6-7 kali lagi pasar murah menjelang lebaran dan itu kita rasa cukup," terangnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk di Pekanbaru, Pemprov Riau masih ada 3 kali lagi melakukan pasar murah jelang lebaran, namun apabila masih tidak mencukupi maka akan ditarik yang murni karena stok kebutuhan bahan pokok untuk pasar murah masih ada sekitar 30 kali lagi.

"Kalau masih belum mencukupi 7 kali pasar murah, tentu kita akan gelar lagi sebab stok masih ada untuk 30 kali lagi," ujarnya.

Taufiq juga menjelaskan sampai hari ini Pemprov Riau telah menggelar pasar murah sebanyak 45 kali dari total target yang telah direncanakan 150 kali pasar murah dengan biaya kurang lebih tiga miliar.

"Yang kita lakukan ini di luar kegiatan yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, sebab mereka juga memiliki Gerakan Pangan Murah (GPM)," pungkasnya.

(Tk/riau.go.id)